Belajar Bahasa Jepang

ini adalah kata2 dalam bahasa jepang yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari, dan biasanya sering muncul dalam roleplay:

Ohayou : selamat pagi

Konnichiwa : selamat siang

Konbanwa : selamat malam

Genki desu ka/Genki? : apa kabar?

Gomennasai / Gomen : Maafkan aku.

Daijobu desu ka / daijobu? : Kamu baik-baik saja?

Baka : bodoh

sugoi : hebat!

Ja nee : bye bye!

mata ashita : sampai bertemu besok

sayonara : selamat tinggal

Oyasumi : selamat tidur.

Ganbatte ne! : berjuang, ya!

sementara segini dulu, nanti akan saya update lagi ^^

eLru – March 7, 2007 01:57 PM (GMT)
Irasshaimase : selamat datang

Tadaima : aku pulang

hontou? : benarkah??

kakkooi : keren

sukebe : cabul / mesum -.-;

arigatou : terima kasih

dou itashimashite : terima kasih kembali

shotakon : pedofil,bwakkakakakak…:P

AkiraHotaru – March 11, 2007 03:17 PM (GMT)
onee-san: kakak cewe
onii-san: kakak cowo
okaa-san/haha: ibu
otoo-san/chichi: ayah
ojii-san: paman
obaa-san: tante

AkiraHotaru – March 12, 2007 07:08 AM (GMT)
akhiran
-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
-chan: untuk anak kecil atau orang yang akrab
-kun: untuk cowo
-han: normal untuk logat kansai(kalau ga salah)

kata ganti orang pertama
watashi: saya(formal)
atashi: aku(cewe)
boku: aku(cowo)
ore: gw
watashi/ore/bokutachi: kami

kalau ada yang lain, tolong tambahin

Reign Han – March 17, 2007 09:38 PM (GMT)
-sama: peringkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.

ini gw tambahin 3 akio^^
sumber : komik basilisk

Yukimura Sanada – March 18, 2007 03:40 AM (GMT)
tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak

contohnya:
watashitachi = kami
anatatachi = kalian

tambahan:

aitsu = dia
aitsutachi = mereka

AkiraHotaru – March 19, 2007 03:42 AM (GMT)
doumou. tambahan lagi:
-sensei: guru/dokter
-sempai: senior

AkiraHotaru – March 21, 2007 04:50 PM (GMT)
istilah di jaman sekitar edo:
*samurai: orang yang memeliki sifat atau perkerjaan sebagai samurai
*wanita samurai: wanita yang setia, tidak selingkuh, dll.(memiliki sifat samurai tapi bukan samurai. biasanya diperuntukkan untuk wanita yang sudah menikah)
*rounin: samurai tanpa tuan. biasanya suka mengacau
*keluarga samurai: keluarga yang berlatar belakang berpekerjaan samurai. dulu punya derajat lebih tinggi dari masyarakat biasa)
*katana: pedang jepang yang panjang
*harakiri/seppuku: memotong perut dengan pedang pendek, lalu kepala ditebas oleh seorang kaishakunin
*kaishakunin: seorang yang memenggal kepala orang yang melakukan seppuku. biasanya orang yang akrab dengan si pelaku

*ninja: orang yang ditih dalam pertarungan jarak dekat maupun jauh. biasanya disewa untuk membunuh dan bergerak di malam hari
*shinobi: ninja laki-laki
*kunoichi: ninja wanita
*shuriken: semacam besi yang berbentuk bintang, dipakai untuk melempar
*makabishi: semacam besi berduri yang dipakai dengan cara di lemar ke lantai.

*daimyo: tuan tanah
*daifuku: keshogunan

*geisha: wanita yang menjual kemampuan seninya, misal main alat musik, baca puisi, menari, dsb(bukan psk)
*maiko: geisha yang masih dalam pelatihan
*shamisen: alat musik jepang berbentuk kotak, dimainkan dengan cara digesek dengan penggeseknya(alat musik yang sama dengan yang dibawa Jiyuri An)
*koto: alat musik yang dimaikan dengan cara dipetik, hampir sama dengan kecapi
*Shakuhachi: seruling bambu

*miko: abdi kuil(pasti wanita)
*shinto: agama yang memuja dewa matahari, mirip dengan agama buddha

kalau ada yang mau nambahin atau ngoreksi silahkan.

Berikut contoh ucapan salam & ekspresi:
• オはよう ございます : Ohayou gozaimasu (Selamat pagi)
• コんにちわ : Konnichiwa (Selamat siang)
• コんばんわ : Konbanwa (Selamat malam)
• オやすみ なさい : Oyasumi nasai (Selamat tidur)
• サようなら : Sayounara (Selamat tinggal atau Selamat jalan)
• ジャ, また あした : Ja, mata ashita (Sampai jumpa besok, ya)
• アりがとう ございます : Arigatou gozaimasu (Terima kasih)
• ドうも ありがとう ございます : Doumo arigatou gozaimasu (Terima kasih banyak)
• ドう いたしまして : Dou itashimashite (Sama-sama, Terima kasih kembali)
• スみません : Sumimasen (Maaf)
• スみません : Sumimasen (Permisi)
• シつれい ですが : Shitsurei desuga…(Permisi/Maaf…—> diucapkan sebelum bertanya tentang hal pribadi)
• オねがいします : Onegaishimasu (Minta tolong)
• オげんき です か : Ogenki desu ka? (Apa kabar?)
• ゴめん ください : Gomen kudasai (“Permisi”, —> digunakan ketika berkunjung ke rumah orang lain)
• イらっしゃいませ : Irasshaimase (Selamat datang —> diucapkan pada tamu restoran, hotel, dll)
• イらっしゃい : Irasshai (Selamat datang —> dipakai pada waktu kedatangan tamu)
.
Dibawah ini ada beberapa ungkapan lainnya yang bisa kamu gunakan :
• ごーきげん いかが です か : go-kigen ikaga desu ka : apa kabar
• おーはよお ございます : o-hayoo gozaimasu : selamatan pagi
• よい おーてんき です ね : yoi o-tenki desu ne : cuaca yang indah
• おーめ に かかれて うれしい です : o-me ni kakarete ureshii desu : senang berkenalan dng anda
• ながい こと おーじゃま いたしました : nagai koto o-jama itashimashita : terima kasih atas waktunya
• みょおにち また おーあい しましょお : myoonichi mata o-ai shimashoo : sampai ketemu besok
• わたし いんどねしあん です : watashi indonesian desu : saya orang indonesia
• イんどねしあ から きました : Indonesia kara kimashita : saya berasal dari indonesia
• しゅみ わ おんがく かんしょお です : shumi wa ongaku kanshoo desu : kegemaran saya dulu bermain musik
• どこ から きました か : doko kara kimashita ka?: dari mana asalmu?
• なに が ほしい の ですか : nani ga hoshii no desuka? : Apa yang sedang kamu lakukan?
• ごめん なさい : gomen nasai : maafkan saya
• すみません : sumimasen : maaf
• おーてすう かけて すみません : o-tesuu kakete sumimasen : maaf merepotkan anda
• とてむ しあわせ です : totemu shiawase desu : saya sangat bahagia
• わたし の こぶつ わ ちょこらえと です : watashi no kobutsu wa chokoraeto desu : makanan kesukaan saya coklat
• マいばん ほし お かんさつ して います : Maiban hoshi o kansatsu shite imasu : Setiap malam saya mengamati bintang-bintang
.
Yang Umum diucapkan di Awal Pembicaraan
• オはよう / オはよう ございます : Ohayou / Ohayou gozaimasu : “selamat pagi”
• コんにちわ : Konnichiwa : “selamat siang”
• コんばんわ : Konbanwa : “selamat malam”
• ヨろしく おねがいします : Yoroshiku onegaishimasu : “mohon bimbingannya” / “mohon bantuannya”
• オ げんき です か : O genki desu ka? : “Apakah Anda sehat?”
• オ かげ です : O kage desu : “Saya sehat-sehat saja.” (digunakan untuk menjawab “O genki desu ka?”)
• キョう わ いい お てんき です ね : Kyou wa ii o tenki desu ne? : “Cuaca hari ini bagus, bukan?”
• ヨうこそ : Youkoso! : “Selamat datang!”
• モしーもし : Moshi-moshi…: “Halo…” (berbicara lewat telepon)
.
Yang umum diucapkan Selama Percakapan Berlangsung
• ハい : Hai : Ya (untuk menyetujui sesuatu atau menjawab pertanyaan)
• イいえ : Iie : “Tidak” (kebalikannya “hai”)
• アりがとう / アりがとう ございます : Arigatou / Arigatou gozaimasu : “Terima kasih”
• ゴめん な さい : Gomen na sai : “Mohon maaf”
• スみません : Sumimasen : “Permisi”
• ザんねん です : Zannen desu : “sayang sekali” / “amat disayangkan”
• オめでっと, ね : Omedetto, ne : “Selamat ya”
• ダめ / ダめ です よ : Dame / Dame desu yo : “jangan” / “sebaiknya jangan”
• スてき です ね : Suteki desu ne : “Bagus ya…” / “indah ya…”
• スごい / スごい です よ : Sugoi! / Sugoi desu yo! : “Hebat!”
• ソう です か : Sou desu ka : “Jadi begitu…”
• ダいじょうぶ です / ヘいき です : Daijoubu desu / Heiki desu : “(saya) tidak apa-apa” / “(saya) baik-baik saja”
.
Jika Kesulitan menangkap Ucapan Lawan Bicara
• チョっと ゆっくり いって ください : Chotto yukkuri itte kudasai : “Tolong ucapkan lagi dengan lebih lambat.”
• モう いちど いって ください : Mou ichido itte kudasai. : “Tolong ucapkan sekali lagi.”
• モっと はっきり いって ください : Motto hakkiri itte kudasai. : “Tolong ucapkan dengan lebih jelas.”
.
Untuk Mengakhiri Pembicaraan
• サよなら : Sayonara : “Selamat tinggal”
• マた あいましょう : Mata aimashou : “Ayo bertemu lagi kapan-kapan”
• ジャ, また / また ね : Ja, mata / mata ne : “Sampai jumpa”
• マた あした : Mata ashita : “Sampai jumpa besok”
.
Lainnya
• イらっしゃいませ : Irasshaimase! : “Selamat datang!”
• イてきます : Itekimasu! : “Berangkat sekarang!”
• イてらっしゃい : Iterasshai : “Hati-hati di jalan”
• イただきます : Itadakimasu : “Terima kasih atas makanannya”
• ゴちそうさま でした : Gochisousama deshita : “perjamuan/hidangan sudah selesai”
• キもち : Kimochi…! : nyaman (perasaan nyaman di suatu tempat)

Hallo semua, ogenki desuka?
Mulai hari ini di Website KOUGAS.co.id akan ada pelajaran bahasa Jepang yang akan ditemani oleh staff pengajar kougas no nihongo no kyoushitsu.Yaitu saya sendiri
Hajimemashite, Ichiro to moushimasu (Perkenalkan saya Ichiro)
Yoroshikuonegaishimasu (mohon dibantu yach!)
Nah, untuk perkenalannya segitu aja dulu.
Langsung kita belajar yuk! Siapkan buku catatan sekalian cemilannya biar tidak ngantuk
PENGENALAN HURUF YANG DIPAKAI DI JEPANG
1. HIRAGANA:ひらがな:平仮名
Huruf ini dipakai untuk menterjemahkan kanji, digunakan untuk menuliskan nama tempat di Jepang, nama orang Jepang. Diciptakan diawal dinasti Heiang..Biasa dipakai wanita kepada rajanya sehingga sering disebut onnade女手. Dinasti Heiang 794-1192, banyak karya dizaman ini antara lain : Murasaki shikibu dan Genji monogatari. Jumlah huruf : 104 huruf.
2. KATAKANA : カタカナ:片仮名
Huruf ini diciptakan di awal zaman Heiang, digunakan untuk menulis kata serapan. Huruf ini dibuat dengan mengambil bagian dari huruf kanji. Cara penulisan huruf katakana jarang ada cengkokan atau lekukan pada hurufnya. Sedang hiragana, ada lekukan pada hurufnya. Jumlah huruf : 104 dan tambahan 21 huruf.
3. KANJI:漢字
Huruf ini berasal dari China, jumlahnya belum diketahui dengan pasti sekitar ribuan huruf. Sekedar pengetahuan:
level 4 :  150 huruf kanji
leve l 3 : 300 huruf kanji
level 2 : 1000 huruf kanji
level 1 : 2000 huruf kanji
untuk Nihongo Nouryoku Shiken saat ini level diatas mengalami perubahan nama, yaitu :
level 4 menjadi = level N5
level 3 menjadi = level N4
level 2 menjadi = level N3 dan N2
level 1 menjadi = level N1
4. ROMAJI (Huruf Romawi)
Huruf yang kita kenal selama ini huruf A-Z. Tetapi pengucapannya berbeda kayak V dibaca Bi, R dibaca Aru, L dibara Eru, H dibaca Echi. Dan lain sebagainya.
dibawah ini saya sertakan contoh huruf hiragan dan katakana, kalo mau diprint silahkan klik kanan pada gambar dan pilih save picture as :

Hallo, temen-temen yang masih setia bersama kelas bahasa Jepang ”KOUGAS”
Tetep semangat yach…!
Kali ini mari kita hafalkan bilangan dalam bahasa Jepang, gampang kok…
biar cepet ngapalinnya gini caranya :
– Tiap langkah dihitungin pake bahasa Indonesia ama bahasa Jepang
– Kalo hitung duid usahain juga pake bahasa Jepang
– Pas lihat jam tangan jangan lupa diingat-ingat bahasa Jepangnya
0 : 零 :れい(rei)、ゼロ(zero)
1 : 一 :いち(ichi)
2 : 二 :に(ni)
3 : 三 :さん(san)
4 : 四 :よん(yon)、し(shi)
5 : 五 :ご(go)
6 : 六 :ろく(roku)
7 : 七 :なな(nana)、しち(shichi)
8 : 八 :はち(hachi)
9 : 九 :きゅう(kyuu)
10 : 十 :じゅう(juu)
11 : 十一 :じゅういち(juuichi)
12 : 十二 :じゅうに(juuni)
20 : 二十 :にじゅう(nijuu)
Dan seterusnya……
100 : 百 :ひゃく(hyaku)
200 : 二百 :にひゃく(nihyaku)
300 : 三百 :さんびゃく(sambyaku)
400 : 四百 :よんひゃく(yonhyaku)
500 : 五百 :ごひゃく(gohyaku)
600 : 六百 :ろっぴゃく(roppyaku)
700 : 七百 :ななひゃく(nanahyaku)
800 : 八百 :はっぴゃく(happyaku)
900 : 九百 :きゅうひゃく(kyuuhyaku)
1.000 : 千 :せん(sen)
2.000 : 二千 :にせん(nisen)
3.000 : 三千 :さんぜん(sanzen)
4.000 : 四千 :よんせん(yonsen)
5.000 : 五千 :ごせん(gosen)
6.000 : 六千 :ろくせん(rokusen)
7.000 : 七千 :ななせん(nanasen)
8.000 : 八千 :はっせん(hassen)
9.000 : 九千 :きゅうせん(kyuusen)
10.000 :  一万 :いちまん(ichiman)
20.000: 二万 :にまん(niman)
Satuan tertinggi 100 Juta : 一億 :いちおく( ichi oku)

日常挨拶と会話表現
にちじょう あいさつ と かいわ ひょうげん
1.Selamat Pagi : Ohayou Gozaimasu (おはよう ございます)。
2.Selamat Siang : Konnichiwa (こんにちは)。
3.Selamat Malam : Konbanwa (こんばんは)。
4.Selamat Tinggal : Sayounara (さようなら)。
5.Selamat Tidur : Oyasuminasai (おやすみなさい)。
6.Selamat : Omedetou Gozaimasu (おめでとう ございます)。
7.Terimakasih : Doumo Arigatou Gozaimasu (どうも ありがとうございます)。
8.Sama-sama : Douitashimashite (どういたしまして)。
9.Maaf, permisi duluan : Sumimasen,Osakini Shitsurei Shimasu (すみません、おさきにしつれいします)。
10. Selamat Makan : Itadakimasu (いただきます)。
11.Terimakasih Atas Hidangannya : Gochisou Sama Deshita (ごちそうさまでした)。
12 X:Apa Kabar : Ogenki Desuka (おげんきですか?)。
Y:Ya, Sehat : Hai,Genki desu (はい、げんきです)
13 X:Permisi : Gomen Kudasai (ごめん ください)。
Y:Silakan Masuk : Douzo Haitte Kudasai (どうぞはいってください)。
14. Maaf beri Jalan : OjamaShimasu (おじゃまします)。
15. X:Saya Berangkat : Itte Kimasu (いってきます)。
Y:Semoga Pulang Kembali : Itte Rasshai (いってらっしゃい)。
16. X:Saya Pulang : Tadaima (ただいま)。
Y:Selamat Pulang : Okaerinasi (おかえりなさい)。
17. Minta Tolong : Onegai Shimasu (おねがいします)。
18. Terimakasih atas jerih payahnya : Otsukaresama deshita ( おつかれさまでした)。

Perihal betara
berbagi dengan pengalaman yang ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: