Macam- Macam OS

MACAM-MACAM SISTEM OPERASI

 

  1. DOS

Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk

            Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk  Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086).

Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah  :

  1. DOS 1.0

Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas.Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada.

 

  1. DOS 2.0

Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.10

 

  1. DOS 3.0

Yang dimaksud dengan DOS 3.0 adalah PC-DOS 3.0 dan MS-DOS 3.05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology). Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini.

 

  1. DOS 3.1

Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer.

 

  1. DOS 3.2

PC DOS 3.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop.

 

  1. DOS 3.3

IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.3 Kemampuan DOS 3.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika)

 

  1. DOS 4.0

Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4.0, PC-DOS 4.01 dan MS-DOS 4.01. PC DOS 4.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan  pada bulan juli 1988, karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.01. Versi DOS 4.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu.

 

  1. DOS 5.0

Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR, UNDELETTE dan UNFORMAT.

 

  1. DOS 6.0

Diluncurkan pada bulan maret 1993. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file.

 

2.  Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Versi-versi Windows

Sudah dirilis

  • 16-bit, berjalan di atas MS-DOS
    • 1985 November – Windows 1.0
    • 1987 9 Desember – Windows 2.0
    • 1990 22 Mei – Windows 3.0
    • 1992 Agustus – Windows 3.1
    • 1992 Oktober – Windows for Workgroups 3.1
    • 1993 November – Windows for Workgroups 3.11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.windows 98

1998 25 Juni – Windows 98 (Versi: 4.1.1998)

1999 5 Mei – Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)

    • 2000 19 Juni – Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)

4.Windows NT

    • 1993 Agustus – Windows NT 3.1
    • 1994 September – Windows NT 3.5
    • 1995 Juni – Windows NT 3.51
    • 1996 29 Juli – Windows NT 4.0

 

 

 

 

5. UNIX

UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

 

Berbagai versi UNIX

Nama

Vendor

AIX

IBM

A/UX

Apple (Macintosh)

BSD

University of California

DG/UX

Data General

HP/UX

Hawlette-Packard

MS/UX

NEC

PC/IX

Interactive System Corporation

SCO UNIX

SCO

SINIX

Siemens

ULTRIX

DEC

UNICOS

Cray Research

UNIX

AT&T, SCO, Sun Microsystem

VENIX

VenturaCom, Inc

XENIX

SCO / Microsoft

UNIXWARE

CALIFORNIA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.LINUX

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

 

 

 

 

 

 

7. SISTEM OPERASI MAC OS

VERSI-VERSINYA:

Mac OS X 10.0.0 – Cheetah

 

“Cheetah” adalah versi pertama dari Mac OS X. Cheetah juga dikenal sebagai Mac OS X versi 10.0.0. Dirilis di tahun 2001, Cheetah menandai perubahan besar dari versi Mac OS sebelumnya. Dengan kode program yang benar-benar baru, gaya desktop dan sistem manajemen memori yang juga baru, cheetah merupakan evolusi di dunia PC dan Laptop dari Apple. Meskipun tidak sedikit yang memberikan kritik Cheetah pada masalah performa dan fitur-fitur yang “hilang” dari Mac OS, tetapi tidak dapat disangkal, Cheetah merupakan OS paling stabil yang dimiliki Mac pada waktu itu. Sedikit tambahan, di versi kali ini pihak Apple tidak menggunakan kata-kata Cheetah untuk media promosi, mereka lebih memilih Mac OS X.

Mac OS X 10.1 – Puma

 

Puma, atau Mac OS X versi 10.1, merupakan versi update gratis dari Mac OS X 10.0 / Cheetah. Puma sendiri diluncurkan juga di tahun 2001. Apple juga meluncurkan update minor dari Puma yang akhirnya menjadi OS bawaan untuk produk Machintos Computer mereka. Perkembangan baru yang ditawarkan adalah kemudahan dan kecepatan “burning” CD / DVD, peningkatan kualitas DVD player, dan tambahan kompatibilitas terhadap driver printer. Pada waktu itu banyak kalangan yang menilai tidak banyak perubahan yang ditawarkan di Puma dan pada saat itu banyak juga orang yang mengeluhkan banyaknya bug yang membuat sistem crash di versi Puma ini.

Mac OS X 10.2 – Jaguar

 

Versi selanjutnya dari Mac OS muncul di tahun 2001 dengan nama Jaguar. Jaguar berhasil memberikan perbedaan besar dari versi Puma dengan adanya peningkatan kecepatan, stabilitas, kompatibilitas dengan dan fitur-fitur baru lainnya. Address Book, Handwriting recognition software Inkwell, dan Mail program merupakan fitur tambahan yang memiliki daya tarik sendiri saat Jaguar di luncurkan. Jaguar sendiri merupakan produk OS Apple yang dipasarkan dengan nama kodenya (Jaguar) dan bukan dari nama versinya (Mac OS X versi 10.2).

Mac OS X 10.3 – Panther

 

Versi keempat dari rangkaian seri Mac OS X hadir dengan nama kode Panther. Dirilis setahun setelah versi Jaguar yaitu pada 2003, Panther dipromosikan memiliki lebih dari 150 fitur baru, termasuk live search engine di finder, Expose, TextEdit, Preview, dan Quick Time. Panther juga menandai peluncuran dari web browser keluaran Apple yaitu Safari. Safari sendiri di versi ini secara resmi menggantikan Internet Explorer untuk Mac.

MAc OS X 10.4 – Tiger

 

Versi berikutnya adalah Mac OS X v10.4 atau dikenal dengan Tiger. Dirilis di tahun 2005, dan merupakan Mac OS X yang bertahan paling lama sebelum digantikan oleh versi Leopard di lebih dari 2 tahun berikutnya. Spotlight search engine diperkenalkan Apple pada versi Tiger ini. Kemudian mereka juga memperkenalkan beberapa fitur seperti Dashboard (sebuah sistem widget), versi terbaru dari Safari dan lain sebagainya.

Mac OS X 10.5 – Leopard

 

Di tahun 2007, akhirnya Tiger harus memberikan tahtanya ke Leopard. Leopard adalah nama lain dari Mac OS X versi 10.5. Di versi Leopard kali ini, Apple melakukan banyak perubahan di tampilan desktop, dock, menu bar, dan juga finder. Leopard juga di senjatai dengan fitur baru seperti Backup utility time machine, kemudian upgrade dari spotlight dan photobooth. Leopard juga meningkatkan faktor keamanan dari Mac OS X.

Mac OS X 10.6 – Snow Leopard

 

Versi ke-6 dari Mac OS X adalah Snow Leopard. Dirilis di tahun 2009 dengan kisaran harga £26. Snow Leopard di luncurkan dengan fokus di pembenahan performa. Apple menawarkan peningkatan performa, efisiensi, dan optimalisasi penggunaan memori. Di Snow Leopard sendiri fitur baru tidak terlalau menonjol.

Mac OS X 10.7 – Lion

 

Dan akhirnya kita sampai pada OS terbaru keluaran Apple, yaitu MAC OS X Lion (Versi 10.7). Mac OS ini baru saja resmi dirilis pertengahan bulan ini. Pertama kali Apple mengeluarkan isu soal OS ini di public yaitu pada sebuah acara bertajuk “Back to the Mac” di tahun 2010. Lion sendiri memiliki fitur andalan seperti gesture control, AirDrop (fitur sharing file antara mac), kemudian juga ada auto save untuk tiap aplikasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

 

8. sistem operasi android

Android adalah sistem operasi mobile terbuka buatan Google. Sistem operasi Android ini telah digunakan di beberapa handset (ponsel) di Indonesia. Di Indonesia sendiri sistem operasi Android masih terbilang kurang familiar di kalangan kita, hal ini mungkin dikarenakan kurangnya dukungan informasi maupun ponsel yang mendukungnya. Tetapi melihat penetrasi Android saat ini tidak mustahil bila nantinya sistem operasi ini menjadi pesaing kuat bagi Symbian maupun Windows Mobile. Diprediksi pada tahun 2012, pasar ponsel Android ini bakal mencapai 12 %.

Sejarah Android

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

Produk awal

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (Ice Cream)

Android versi 4.0 akan dirilis akhir tahun 2011.

 

Perihal betara
berbagi dengan pengalaman yang ada

One Response to Macam- Macam OS

  1. Ping-balik: Agen Guavita Terbaik | agen-judi-online.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: